Saifullah Ramli dan Peneliti USM lainnya, menciptakan Neodle

Neodle, produk Riset bagi Pengidap Diabetes dan Obesitas

Foto: Dekan Teknologi Industri (Prof. Rozman, sebelah kiri), Prof. Madya Azhar Mat Easa (pembimbing I), Dr. Abbas F. Al-Karkhi (pembimbing II), Saifullah Ramli, dan Yoeh Shin Yong (student master). 

Saifullah Ramli, staf Universitas Syiah Kuala yang sedang menyelesaikan pendidikan S3 di USM, bersama tim peneliti di USM (Prof. Madya Azhar Mat Easa – Ketua Tim Peneliti, Dr. Abbas F. Al-Karkhi – pembimbing II, Saifullah Ramli, dan Yoeh Shin Yong – student master) telah berhasil dalam riset berkenaan dengan integrated study dari buah pisang (isi, pulp dan kulit, peel) yang pemanfaatannya untuk makanan (food).

Buah pisang selain diketahui mengandung fiber yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat dikonsumsi oleh manusia, ternyata juga mangandungi Glycemic Index (GI) yang relatif rendah. GI adalah laju perubahan makanan menjadi gula dalam tubuh. Makanan yang mengandungi GI rendah sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki resiko diabetis dan obesitis. Hasil riset ini kemudian diaplikasikan dalam bentuk makanan mi kuning (Neodle). Mie kuning adalah salah satu makanan favorit namun tidak bagi penderita diabetes. Dengan adanya mie kuning alternatif hasil dari riset tersebut memungkinkan para penderita diabetes dapat menikmati makanan tersebut seperti halnya orang lain. Produk dari hasil riset saat ini sedang dipatenkan dan direncakana pada awal tahun 2010 akan diproduksi secara komersial di Malaysia. 

Ir. H. Saifullah Ramli, MSc adalah staf pengajar di jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah sejak tahun 1989, pangkat Lektor Kepala gol IVa. Saifullah Ramli saat ini merupakan mahasiswa S3 di USM (Universiti Sains Malaysia) sejak Januari 2008. Beliau sangat aktif dalam meneliti dan telah menghasilkan beberapa paper di journal internasional. Tahun 1993 dan 1995 terpilih menjadi dosen teladan I di Fakultas Teknik unsyiah, dan pada tahun yang sama (1995) terpilih sebagai Dosen Teladan II di tingkat Universitas. Pada tahun 1996 sebagai Peneliti Muda terbaik I di Unsyiah. Prestasi menonjol beliau lainnya adalah pada tahun 1997 terpilih sebagai The Best Paper HEDS-JICA pada seminar SST HEDS-JICA Indonesia wilayat Barat yang berlangsung di Padang, dengan judul paper “Pembuatan Bubuk Santan Instan”. Saifullah Ramli, dilahirkan di Desa Bayu Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Putra dari pasangan Ramli (ayah) dan Zainab (Ibu) tercatat tinggal di Perumnas Rawa Sakti Jeulingke lr IX no. 34. Saifullah Ramli beristerikan Cut Suzanna dengan 4 orang anak. [bd]

Print Friendly, PDF & Email

You may also like...