Hibah penelitian tim pascasarjana

Jumlah Dana Maksimal: Rp. 90 jt / Periode
Waktu pelaksanaan: Maksimum 2 Periode
Penerimaan Proposal: Akhir September
Sumber dana: DP2M DIKTI

Sejak diluncurkan oleh DP2M pada tahun 1994/1995 dengan biaya Bank Dunia, program ini dinilai telah membantu meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan pascasarjana di berbagai perguruan tinggi termasuk untuk menyelesaikan studi mahasiswa tepat waktu.

Perlu diperhatikan bahwa penelitian di Indonesia yang belum banyak menjamah ilmu pengetahuan dan teknologi frontier yang hasilnya dapat menerobos dimensi dunia masa depan seperti dalam gatra fisika inti, ruang angkasa, teknologi informasi, kontrol dan robotik, bahan terbarukan, serta bioteknologi. Penemuan iptek frontier juga diharapkan dapat memacu pertumbuhan industri di Indonesia yang sedang memerlukan percepatan pemulihan ekonomi. Tujuan Hibah Pasca adalah: (1) menghasilkan terobosan baru dalam ilmu pengetahuan dasar, teknologi, ilmu sosial dan budaya bagi masa depan; (2) meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan pascasarjana; dan (3) meningkatkan mutu penelitian di berbagai perguruan tinggi Indonesia sampai sejajar dengan tingkat internasional. Luaran yang diharapkan adalah: (1) tesis dan/atau disertasi; (2) publikasi nasional/internasional; (3) peningkatan jumlah lulusan pascasarjana; (3) HKI.

Penelitian Hibah Pasca pada hakikatnya dapat mencakup semua bidang ilmu, asalkan multi disiplin dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Untuk tujuan evaluasi proposal, diperlukan Bidang Ilmu peneliti utama yang disesuaikan dengan ketentuan umum yang ada dalam lampiran panduan ini (11 bidang Ilmu). Penelitian tiap periode berdurasi 3 tahun dan dievaluasi setiap tahun, penelitian dapat dihentikan/tidak dilanjutkan bilamana dinilai tidak dapat memenuhi target yang ingin dicapai pada tahun berjalan.

You may also like...